Canon Menang Awet, Nikon Menang Fitur

By Sidiq Martanto on Kamis, 08 Desember 2011 with 0 comments

Dari jajaran kamera digital, Canon dan Nikon bisa dibilang masih menjadi jawaranya. Canon dinilai unggul dalam hal ketahanan, sedang Nikon dari sisi kekayaan fitur.

Laporan tersebut datang dari sebuah survei yang digelar PC World pada 63.000 pembacanya. Responden yang ikut serta mengakui bahwa Canon menciptakan kamera yang awet dan kualitas layar LCD yang mumpuni.

Di sisi lain, pemilik Nikon juga mengatakan bahwa mereka menyukai layar LCD miliknya. Pun dengan shutter speed dan kualitas gambar dihasilkan Nikon, mereka mengaku puas.

Namun tak lantas kamera ini tidak memiliki kekurangan. Satu kelemahan yang diakui pemilik Nikon ialah bahwa kameranya diakui agak sulit dipakai.

Selain menguak persepsi tersebut, survei ini juga mencatat sejumlah point dan kutipan menarik dari para partisipan mengenai kamera digital yang mereka miliki. Ini dia beberapa di antaranya:

-. Canon mengalahkan para pesaingnya dalam hal laporan kerusakan yang dialami pemilik kamera dalam kurun waktu lebih dari 3 tahun. Dikutip detikINET dari PCWorld, Rabu (7/12/2011), hanya 5,4% pemilik Canon yang melaporkan adanya masalah pada piranti mereka.

-. Kemenangan lain Canon ialah mengenai kepuasan konsumen. Sebanyak 89.5% pemilik kamera Canon mendeskripsikan diri mereka 'benar-benar puas' atau 'sangat puas' dengan kualitas gambar yang dilahirkan.

-. Bila ditilik dari parameter kemudahan penggunaan, para partisipan menilai Pentax dan Kodak sebagai kamera yang paling mudah dipakai. Sementara Fujifilm, Nikon, dan Olympus terseok dalam parameter ini.

-. Terhitung sejak tahun 2007, presentase mengenai kemudahan pemakaian kamera mengalami kemerosotan, dari 64% menjadi 58,6% di tahun 2011.

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk urusan ketahanan piranti, Canon menjadi jawaranya, mengalahkan semua produk kamera lain. GE dan Panasonic turut membubuhkan hasil yang bagus dalam parameter ini. Hanya Fujifilm dan Kodak saja yang 'melempem'.

Kemudian Nikon menjadi pemenang dalam hal kepuasan konsumen soal fitur. Para pemilik kamera Nikon merasa antusias dengan penawaran yang diberikan produsen kamera Asal Jepang ini.

Soal fitur, meski Canon dan Panasonic mencetak rating yang bagus, mereka masih kalah dibanding Nikon.

Ya, sekali lagi, ini sekadar hasil survei. Dimana penilaian dari setiap pengguna pasti bisa berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan Anda?


Category: Serba-serbi Teknologi

POST COMMENT

0 komentar:

Post a Comment