konfigurasi dan penginstalan file zilla server

By Sidiq Martanto on Kamis, 21 April 2011 with 0 comments


A) penginstalan
1.download lah file zilla server terlebih dahulu di server atau website ini  http://filezilla-project.org/
2. jika file zila server  telah terdownload maka anda siap untuk menginstall file zila server dengan cara buka windows explorer kemudian open file zila server




3. kemudian akan muncul tampilan licesnsi agreement,saya sarankan and abaca sebentar tetapi bila anda rasa tidak perlu langsung langkah selanjutnya dengan cara klik  I agree.











4. setelah itu akan muncul display choose components, langkah ini dugunakan untuk memilih komponen dan mengatur dimana saja file zila akan di tampilkan. Setelah anda yakin dengan pilihan anda dengan mencentang pada bagian kiri pilihan komponen, langsung klik next untuk melanjutkan langkah selanjutnya.














5. selanjutnya adalah display installation directory, display ini berfungsi untuk mengatur penempatan instalasi file zilla server dengan cara meng klik tombol browse dan pilih direktori yang anda inginkan. Jika sudah ditentukan klik next untuk langkah selanjutnya.

 















6. Berikutnya adalah display untuk startup settings yang berfungsi untuk pengaturan bagaimana file zilla aka di install pada system operasi (saya sarankan untuk pilihan default saja) dan mengatur port  juga. Jika sudah selesai maka klik next untuk langkah selanjutnya.














7. display berikutnya yaitu penginstallan file zilla, tunggu sampai proses penginstalan selesai lalu klik close untuk mengakhiri penginstalan.















B) Pengkonfigurasian
1. setelah penginstalan file zilla server selanjutnya kita akan mengerjakan langkah pengkonfigurasian atau pengaturan file zille server. Pertama buka dulu file zilla server dengan cara buka pada desktop atau pada start menu.










2.  setelah anda membuka file zilla server maka akan keluar tampilan connect to server, tidak usah hiraukan itu karena itu hanya untuk memgatur server ip yang akan secara otomatis muncul apa bila kita buka file zilla. Langsung saja ke langkah berikutnya yaitu klik ok










3.  langkah berikutnya yaitu klik icon bergambar satu orang atau menu edit settiing






4. langkah berikutnya pilih menu add pada kotak user, ini adalah kotak dimana yang akan diisi sebuah nama yang akan menjadi nama account anda. Selanjutnya pada account setting centang  pada password, itu dilakukan untuk memprivate account anda agar tidak sembarangan orang yang bisa membuka account  anda.












5.  setelah itu pada kotak page pilih shared folder, itu berfungsi untuk shared data kita ke user lain, klik add untuk meambah, remove untuk menghapus, dan rename untuk mengganti nama file.












6. kemudian langkah berikutnya klik menu edit setting.











7.  langkah berikutnya klik security setting, menu ini berfungsi untuk mengatur security atau keamanan account kita, block incoming server-to-server transfers berfungsi untuk memblokir transver file (lebih baik di centang) block outgoing server-to-server transfers berfungsi untuk memblokir orang luar( lebih baik centang)

8.  kemudian coba praktekan dengan cara menuliskan ip user  yang akan jadi tujuan pada kotak address directory  pada explore








Category:

POST COMMENT

0 komentar:

Post a Comment