Garam Dapur bisa Lipatkan Gandakan Kapasitas Hard Disk

By Sidiq Martanto on Selasa, 18 Oktober 2011 with 0 comments


Sayur tanpa garam pasti kurang enak rasanya. Kalau makan rujak buah pun, kita suka menaburkan garam agar rasa buahnya lebih mantap. Namun tahukah kamu kalau garam juga bisa membuat hard disk menjadi lebih baik?
Percaya atau tidak, tapi Dr.. Joel Yang dari the Institute of Materials Research and Engineering (IMRE), sebuah lembaga riset dari Singapore’s Agency of Science, Technology, and Research (A*STAR), bersama dengan pendukung dari National University of Singapore (NUS) dan the Data Storage Institute (DSI), memunculkan cara untuk meningkatkan kapasitas hard disk sampai enam kali lipat dengan bantuan sodium chloride, alias garam dapur. Ini bukan guyonan loh.
Tim tersebut menggunakan  ”proses litografi e-beam dengan resolusi yang sanagt tinggi yang menghasilkan struktur berukuran nano yang sangat halus.” Dengan menambahkan sodium chloride ke solusi developer yang ada di proses litografi, Dr. Yang mendapatkan bahwa ia mampu menghasilkan struktur nanto yang sangat halus sampai 4,5nm half pitch. Bagusnya lagi, metoda ini tidak membutuhkan upgrade peralatan yang berharga mahal. Teknologi yang ada menggunakan butiran-butiran dalam ukuran sekitar 7-8nm yang ditaburkan di permukaan media storage.
“Kita telah menunjukkan bahwa bit-bit itu bisa dipolakan lebih rapat dengan mengurangi jumlah langkah pemrosesan,” kata Dr. Yang.
Terobosan ini mengungkap bahwa dengan menggunakan teknologi baru ini, sebuah drive 1TB dapat, secara teori, menampung informasi sampai 6TB dalam kapasitas yang sama. Hmm, kapan ya terealisir secara massal?

sumber http://www.tabloidpcplus.com/2011/10/berita-teknologi/garam-dapur-bisa-lipatkan-gandakan-kapasitas-hard-disk/

Category: Serba-serbi Teknologi

POST COMMENT

0 komentar:

Post a Comment